-->

Dengarkan Musik. Klik

MATERI KELAS 5 PELAJARAN 8 : Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas bagian 2

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Kita lanjutkan Materi pembelajarannya. yaitu pada bagian 2 di Pelajaran Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas yaitu Ikhlas beramal.
bagi yang belum paham atau lupa materi sebelumnya silahkan klik Lihat lagi.
materi selanjutnya, silahkan membaca...
B. Mari Ikhlas Beramal
1. Apakah Ikhlas Itu?
Ikhlas maknanya bersih. Bersih dari kotoran. Ikhlas adalah perbuatan hati, karena ikhlas itu
ada di dalam hati. Misalnya kalau dikatakan “ikhlas bersedekah” artinya memberikan dengan hati bersih. Contoh lain, “Pak Ahmad membantu dengan ikhlas”, artinya pak Ahmad membantu dengan hati bersih tanpa mengharapkan sesuatu balasan atau imbalan.
Kata “ikhlas” sering juga dihubungkan dengan kalimat “karena Allah Swt.”. Misalnya, “Pak Ahmad
membantu dengan ikhlas karena Allah Swt.”. Maka ketika Pak Ahmad membatu orang lain, di hatinya hanya ada semboyan “membantu adalah perintah Allah Swt.”. Tetapi, kalau Pak Ahmad membantu dengan berharap pujian orang, maka Pak Ahmad belum ikhlas.
Nah, bagaimana bila bekerja dan memperoleh gaji? Tidak selamanya berbuat atau bekerja yang mendapatkan imbalan atau bayaran dikatakan tidak ikhlas. Yang mendapatkan imbalan pun bisa disebut ikhlas. Contoh, ketika seseorang diminta membantu pekerjaan dengan imbalan 50 ribu rupiah, berarti orang tersebut sudah ikhlas membantu dengan imbalan yang disepakati. Di situ tidak ada yang merasa dirugikan atau pun yang mendapat pujian. Suatu ketika Rasulullah saw. pernah bersabda,
“Sesungguhnya Allah Swt. tidak melihat (menilai) bentuk tubuhmu dan tidak pula menilai kebagusan wajahmu, tetapi Allah melihat (keikhlasan) hatimu”. (H.R. Muslim).
Ikhlas merupakan buah dan intisari dari iman. Seseorang dianggap beragama dengan benar jika amal ibadahnya dilaksanakan dengan ikhlas.

2. Ikhlas Beramal karena Allah Swt.
Beramal yaitu melakukan perbuatan baik. Semua perbuatan baik yang dilakukan dengan ikhlas menurut ajaran Islam akan mendapat pahala.
Perhatikan dan bacalah firman Allah Swt. Q.S. al-Bayyinah/98: 5 berikut.
Artinya: “Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah Swt. dengan ikhlas menaati-
Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus” (benar).
Di dalam ayat di atas dinyatakan: “Menyembah Allah Swt. dengan ikhlas”, berarti melakukan ibadah shalat harus dengan ikhlas karena Allah Swt. semata. Apabila beribadah shalat dilakukan supaya mendapat pujian dari orang tua atau guru, maka shalatnya tidak termasuk beramal ibadah yang ikhlas. Jadi taat kepada Allah Swt. pun harus dengan ikhlas.

Ciri –Ciri orang yang ikhlas antara lain sebagai berikut.

  1. Beramal dengan sungguh-sungguh tanpa mengharapkan pujian dari manusia. Pujian bukan harapan kita meskipun ada orang yang memuji.
  2. Beramal dengan tekun dan rajin semata-mata karena tindakan itu adalah perintah Allah Swt. Tentu ada yang memuji, tetapi pujian bukan tujuan.
  3. Tidak memamerkan dan menceritakan amalnya kepada orang lain.
  4. Tidak pernah mengeluh dalam melaksanakan tugas.
Baiklah, materinya sampai disini saja ya.
selanjutnya adalah mengerjakan Evaluasi atau latihan soal.

Bagi Siswa/siswi SDN 001 SEPAKU Silahkan Klik Mulai

Bagi Siswa/siswi SELAIN SDN 001 SEPAKU Silahkan Klik Mulai disini

Semoga bermanfaat !

0 Response to "MATERI KELAS 5 PELAJARAN 8 : Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas bagian 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel