-->

Dengarkan Musik. Klik

MODEL PEMBELAJARAN IOC ( INSIDE-OUTSIDE CIRCLE)

Pengertian Model Pembelajaran IOC ( Inside-outside circle)
Model Pembelajaran Lingkaran dalam dan Luar Inside-outside circle (IOC) adalah model pembelajaran dengan sistim lingkaran kecil dan lingkaran besar (Spencer Kagan, 1993), dimana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.

Menurut (Anita Lie, 2008:65), teknik pembelajaran IOC adalah teknik pembelajaran yang dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan.

Pendekatan ini bisa digunakan dalam beberapa mata pelajaran, seperti: ilmu pengetahuan sosial, agama, matematika, dan bahasa. Bahan pelajaran yang paling cocok digunakan dengan teknik IOC ini adalah bahan yang membutuhkan pertukaran pikiran dan informasi antar siswa.

Langkah-langkah Model Pembelajaran IOC ( Inside-outside circle)
Menurut  Spencer  Kagan,  ada  lima  langkah utama  dalam  penerapan Model  IOC ini, yaitu:

  1. Langkah pertama, separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
  2. Langkah kedua, separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam.
  3. Langkah ketiga, kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
  4. Langkah keempat, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru.
  5. Langkah terakhir, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.




Anita Lie mengembangkan langkah-langkah yang dirumuskan Kagan. Dalam pengembangan (Anita Lie, 2008:66), siswa dalam kelas dibagi menjadi dua lingkaran, yaitu lingkaran individu dan lingkaran kelompok.

Penjelasannya sebagai berikut :
a. Lingkaran individu

  1. Separuh kelas (atau seperempat jika  jumlah  siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil. Mereka berdiri melingkar dan menghadap keluar.
  2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran yang pertama. Dengan kata lain, mereka berdiri menghadap ke dalam dan berpasangan dengan siswa yang berada di lingkaran dalam.
  3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil yang memulai. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
  4. Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini, masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru untuk berbagi informasi.
  5. Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.

b. Lingkaran kelompok

  1. Satu kelompok berdiri di  lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok yang lain berdiri di lingkaran besar.
  2. Kelompok berputar seperti prosedur lingkaran individu yang dijelaskan di atas dan saling berbagi.


Langkah-langkah Model Pembelajaran IOC ( Inside-outside circle)

Langkah-langkah Pembelajaran Inside-Outside-Circle menurut Huda (2011:145) adalah sebagai berikut:

1)  Lingkaran Individu

  • Separuh kelas (atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil; mereka berdiri menghadap kedalam. Pola bentukan dari kedua lingkaran ini adalah: siswa-siswa dalam lingkaran kecil akan berada di dalam lingkaran siswa-siswa yang membentuk lingkaran besar, sehingga setiap siswa dalam lingkaran kecil nantinya akan berhadapan dengan siswa yang berada di lingkaran besar. Masing-masing akan menjadi pasangan.
  • Misalnya, anggap saja dalam satu ruang kelas terdapat 30 siswa. Siswa 1-15 membentuk lingkaran dalam, sedangkan siswa 16-30 membentuk lingkaran luar. Siswa 1 akan berhadapan dengan siswa siswa 16; siswa 2 akan berhadapan dengan siswa 17; siswa 3 akan berhadapan dengan siswa 18; begitu seterusnya dalam bentuk lingkaran.
  • Setiap pasangan siswa dari lingkaran kecil dan besar saling berbagi informasi. Siswa yang berada di lingkaran kecil (lingkaran dalam) dipersilahkan memulai terlebih dahulu. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan, namun tetap dengan nada bicara tenang (tidak terlalu keras). Setelah itu, siswa yang berada di lingkaran besar (lingkaran luar) di persilahkan untuk berbagi informasi.
  • Kemudian, siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah perputaran jarum jam. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapatkan pasangan yang baru untuk berbagi informasi lagi.
  • Sekarang, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya.


2)  Lingkaran Kelompok

  • Satu kelompok berdiri di lingkaran kecil menghadap keluar. Kelompok lain berdiri di lingkaran besar.
  • Setiap kelompok berputar seperti prosedur lingkaran individu yang di jelaskan di atas sambil saling berbagi informasi. (Informasi ini bergantung bagi guru: apakah mereka diminta untuk bertanya beberapa hal penting terkait dengan hobi, cita-cita, atau hal-hal lain berhubungan dengan tugas pembelajaran).

Manfaat Model Pembelajaran IOC ( Inside-outside circle)

Manfaat bagi Siswa, antara lain;

  1. Membantu peserta didik meningkatkan pemahaman materi pembelajaran,
  2. Meningkatkan rasa percaya diri peserta didik
  3. Mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga memperoleh hasil maksimal,
  4. Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.

Manfaat bagi Guru, antara lain;

  1. Membantu guru memperbaiki metode pembelajaran,
  2. Membantu guru berkembang secara profesional,
  3. Menumbuhkan rasa peraya diri guru,
  4. Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan.

Kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran IOC ( Inside-outside circle)
Dalam penerapannnya ada beberapa kelebihan teknik pembelajaran Inside-Outside-Circle (Huda, 2011:144) diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Adanya struktur yang jelas dan memungkinkan siswa untuk saling berbagi informasi  bersama dengan singkat dan teratur.
  2. Selain itu, siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
  3. Dapat diterapkan untuk setiap tingkatan kelas dan sangat digemari oleh anak-anak.

Disamping memilki kelebihan, Model Pembelajaran IOC ( Inside-outside circle) juga mempunyai kelemahan (Huda, 2011) yaitu :

  1. Seringkali tidak bisa dilaksanankan karena kondisi penataan ruang kelas yang tidak menunjang.
  2. Tidak ada cukup ruang di dalam kelas untuk membentuk lingkaran dan tidak selalu memungkinkan untuk membawa siswa keluar dari ruang kelas dan belajar di alam bebas.


sumber : http://abdulgopuroke.blogspot.com/2017/03/model-pembelajaran-ioc-inside-outside.html

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN IOC ( INSIDE-OUTSIDE CIRCLE)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel