-->

Dengarkan Musik. Klik

MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Kegiatan belajar sambil bermain adalah satu cara bagus untuk di aplikasikan ke dalam proses pembelajaran. Dengan adanya permainan, siswa akan senang dan terhindar dari rasa jenuh saat memperlajari suatu materi yang disajikan oleh gurunya. Selain itu, belajar sambil bermain akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif ketimbang model belajar yang sekedar mendengarkan guru berbicara saja.

Salah satu model pembelajaran yang patut dicoba untuk bisa mengaplikasikan seperti apa yang saya ceritakan diatas adalah model pembelajaran talking stick. Dalam model pembelajaran ini siswa akan memperguanakan tongkat sebagai sara belajar mereka. Nah untuk ulasan lengkap berkenaan model pembelajaran ini, silahkan simak pembahasannya di bawah!



Pengertian model pembelajaran talking stick

Model pembelajaran talking stick merupakan sebuah model belajar yang mana dalam pengaplikasiannya nanti siswa akan mempergunakan tongkat dalam kegiatannya. Hal yang pertama kali guru lakukan adalah mengambil tongkat dan memberikannya kepada siswa, setelah itu pendidik memberikan sebuah pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat mesti menjawab pertanyaan dari gurunya tersebut. Demikian seterusnya sampai semua siswa mendapatkan giliran menjawab


Langkah-langkah :


  1. Pembelajaran dengan metode talking stick di awali oleh penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. 
  2. Peserta didik diberi kesempatan membaca dan mempelajari materi tersebut. Berikan waktu yang cukup untuk aktifitas ini.
  3. Guru selanjutnya meminta kepada peserta didik menutup bukunya. 
  4. Guru mengambil tongkat yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  5. Tongkat tersebut diberikan kepada salah satu peserta didik, peserta didik yang menerima tongkat tersebut diwajibkan menjawab pertanyaan dari guru Kemudian seterusnya.
  6. Ketika stick bergulir dari peserta didik lainnya, seyogyanya diiringi musik langkah akhir dari metode talking stik adalah guru memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang telah dipelajarinya. 
  7. Guru memberi ulasan terhadap seluruh jawaban yang diberikan peserta didik, selanjutnya bersamama-sama peserta didik merumuskan kesimpulan. 

sumber : http://rantaiguru.blogspot.com/2016/05/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-talking-stick.html#.XKgUilUzaDI .

dan telah diedit Blogger.

Semoga bermanfaat. 

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel