MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN
Dan model pembelajaran bertukar pasangan ini merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran yang dikembangkan dari teori kontruktivisme karena mengembangkan struktur kognitif untuk membangun pengetahuan sendiri melalui berpikir rasional

Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran., Belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran.
- Setiap siswa mendapat satu pasangan (Guru biasanya menunjukkan pasangan atau siswa menunjuk pasangannya)
- Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
- Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
- Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing, pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
- Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan dibagikan kepada pasangan semula
- Kesimpulan
- Penutup
Kelebihan :
- Setiap siswa termotivasi untuk menguasai materi.
- Menghilangkan kesenjangan antara yang pintar dengan tidak pintar.
- Mendorong siswa tampil prima karena membawa nama baik kelompok lamanya
- Tercipta suasana gembira dalam belajar. Dengan demikian meskipun saat pelajaran menempati jam terakhir pun, siswa tetap antusias belajar.
- Ada siswa yang takut diintimidasi bila memberi nilai jelek kepada anggotanya (bila kenyataannya siswa lain kurang kurang mampu menguasai materi). Solusinya , lembar penilaian tidak diberi nama si penilai.
- Ada siswa yang mengambil jalan pintas dengan meminta tolong pada temannya untuk mencarikan jawabnya.
- Solusinya mengurangi poin pada siswa yang membantu dan dibantu.
semoga bermanfaat.
LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ LukQQ
BalasHapusSitus Ceme Online
Agen DominoQQ Terbaik
Bandar Poker Indonesia