-->

Dengarkan Musik. Klik

MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN

Model pembelajaran kooperatif khususnya mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan logis, analitis, sistematis, deritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama.

Dalam membelajarkan matematika kepada peserta didik, apabila guru masih menggunakan model pembelajaran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran matematika cenderung berlangsung satu arah umumnya dari guru ke peserta didik, guru lebih mendominasi pembelajaran maka pembelajaran cenderung monoton sehingga mengakibatkan peserta didik merasa jenuh dan tersiksa, oleh karena itu dalam membelajarkan matematika kepada peserta didik, guru hendaknya lebih memilih berbagai variasi pendekatan, strategi, metode yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tetapi menurut Eggen dan Kauchak dalam Wardhani (2005).

Model pembelajaran adalah pedoman berupa program atau petunjuk strategi mengajar yang dirancang untuk mencapai suatu pembelajaran, pedoman itu memuat tanggung jawab guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran.

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Setiap siswa yang ada dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda dan jika memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender.
Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

Terkhusus model pembelajaran tipe kartu arisan. Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan. Menurut Kamus Bashasa Indonesia arisan adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi diantara mereka untuk menentukkan siapa yang memperolehnya, undian dilaksanakan disebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya.
Model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan adalah suatu strategi pembelajaran yang tumbuh dari penelitian pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan waktu bergiliran secara bergantian.
Model pembelajaran kooperative tipe kartu arisan ini menggunakan media kartu, pola media kartu yang digunakan dalam metode ini adalah sebagai berikut :

  1. Buat kartu (10x10 cm) sebanyak jumlah siswa untuk menulis jawaban.
  2. Buat kartu (5x5 cm) sebanyak jumlah siswa untuk menulis soal.
  3. Wadah atau tempat untuk meletakkan kartu-kartu.


Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Bentuk kelompok orang secara heterogen.
  2. Kertas jawaban bagikan pada siswa masing-masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan ke    dalam gelas.
  3. Gelas yang telah berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh diberikan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban.
  4. Apabila jawaban benar maka siswa dipersilakan tepuk tangan atau yel-yel lainnya.
  5. Setiap jawaban yang benar diberi poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para anggotanya.


Kelebihan :
Pembelajaran yang menarik dihubungkan dengan kehidupan nyata, siswa akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk mendapat giliran.

Kekurangan :
Tidak semua terlibat dalam kegiatan pembelajaran nilai tergantung pada individu yang mempengaruhi nilai teman lain.


Dari segala kelebihan dan kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan penulis berharap belajar matematika sudah tidak dianggap pelajaran yang menjenuhkan.

Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang silih asah (saling mencerdaskan), silih asih (saling menyayangi), dan silih asuh (saling tenggang rasa) antar sesama siswa sebagai latihan hidup dari dalam masyarakat nyata.

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel