-->

Dengarkan Musik. Klik

MATERI KELAS 5 PELAJARAN 10 : KISAH TELADAN LUQMAN bagian 1

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Baiklah kita memasuki materi terakhir di kelas 5 ini yaitu pelajaran 10 dengan Materi Teladan Luqman.
Materi dibuat menjadi 2. pengenalan Siapa Luqman dan luqman yang bersyukur? Yang kedua tentang Nasehat Luqman.

A. Siapakah Luqmān?
Luqmān adalah hamba Allah Swt. yang shālih. Ia tidak menerima kenabian, tetapi menjadi seorang ayah pilihan Allah Swt. Dia berkebangsaan Habsyi berasal dari Kota Sudan. Pekerjaannya sebagai tukang kayu, tubuhnya pendek, dia memiliki kekuatan dan mendapat hikmah dari Allah Swt., sehingga nasihat yang disampaikan kepada anaknya diabadikan dalam al-Qur’ān.

Luqmān adalah anak dari Bau’ra bin Nahur bin Tareh, dan Tareh bin Nahur merupakan nama dari Azar ayah nabi Ibrahim a.s. Luqmān hidup selama 1.000 tahun. Ia menjadi guru Nabi Dāūd a.s. sebelum diangkat menjadi nabi. Pekerjaan Luqmān pada awalnya adalah tukang kayu, tukang jahit, dan juga menggembala domba, karena kebijaksanaannya Ia kemudian diangkat menjadi qadhi (hakim). Luqmān menikah dan dikaruniai banyak anak, akan tetapi semua anaknya meninggal dunia ketika masih kecil. Semua itu ia terima dengan ikhlas, karena ia yakin dan sadar bahwa semua yang terjadi adalah atas kehendak Allah Swt.

B. Luqmān Banyak Bersyukur
Amati dan bacalah dengan tartil Q.S. Luqmān/31: 12 berikut!
Pelajaran yang dapat diambil dari Q.S. Luqmān/31: 12 di atas ialah:
1. Luqmān adalah seorang hamba Allah Swt. yang telah dianugerahi-Nya hikmah, yaitu selalu bersyukur. Luqmān selalu bersyukur atas nikmat yang ia peroleh.
2. Allah Swt. katakan bahwa “barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah Swt.), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri”. Syukur adalah berterima kasih kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang diberikan-Nya kepada kita. Seperti tubuh yang sempurna, dapat melihat, mendengar, berbicara, berjalan, meraba dan merasa. Kita dapat makan dan minum, memiliki tempat tinggal, pakaian, dapat belajar, serta memiliki iman Islam.
3. Allah Swt. telah menganugerahi Luqmān ketaatan beribadah kepada Allah Swt.,
memiliki perasaan halus, akal pikiran, dan pengetahuan luas.

C. Nasihat Luqmān kepada Anaknya

Materi tentang Nasihat Luqman silahkan klik Lanjutkan.

Semoga bermanfaat !

2 Responses to "MATERI KELAS 5 PELAJARAN 10 : KISAH TELADAN LUQMAN bagian 1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel