-->

Dengarkan Musik. Klik

MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE

Take and give secara bahasa mempunyai arti mengambil dan memberi, maksud take and give dalam model pembelajaran ini adalah dimana siswa mengambil dan memberi pelajaran pada siswa yang lainnya. “beberapa ahli percaya bahwa suatu mata pelajaran benar-benar dikuasai banyak apabila peserta didik mampu mengajarkan pada peserta lain.

Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baik pada waktu yang sama saat ia menjadi narasumber bagi yang lain. Strategi berikut juga memberikan kepada pengajar tambahan-tambahan apabila mengajar dilakukan oleh peserta didik” (Melvin silberman, active learning 101 strategi pembelajaran aktif).


Langkah-langkahnya :

  1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya.
  2. Jelaskan materi sesuai topik menit.
  3. Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) kurang lebih 5 menit.
  4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu control.
  5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing.
  6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
  7. Kesimpulan


Media Model Pembelajaran Take and Give

  1. Siapkan Kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa.
  2. Setiap kartu berisi nama siswa, bahan belajar (sub materi) dan nama yang diberi informasi, kompetensi dan sajian materi.



Kelebihan :

  1. Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa yang lain.
  2. Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan  penguasaan siswa akan informasi.

Kekurangan :

  1. Bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat.
  2. Tidak efektif dan terlalu bertele-tele.


Penekanan

Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran take and give adalah materi yang mengandung informasi yang singkat, jelas dan padat. Hal ini dikarenakan   model pembelajaran ini lebih menekankan pada unsur ingatan dengan materi yang ringan dan mudah serta membutuhkan pemahaman yang cepat. Pembelajaran model ini pun tidak memerlukan pemahaman materi dengan teknik pelajaran praktek maupun diskusi.

Dengan persiapan guru menyampaikan materi  hanya dengan bahan bacaan. dan tiap siswa yang telah dipasangkan memiliki materi yang beda dan saling melengkapi. Sehingga siswa benar-benar diharap dapat menggabungkan beberapa materi yang ada.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber :
1. https://ulfarayi.wordpress.com/2013/01/28/metode-atau-model-pembelajaran-take-and-give/
2. https://www.asikbelajar.com/model-pembelajaran-take-and-give/

Semoga bermanfaat.

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel